Kelebihan menggunakan nuansa kayu pada hunian

Mengadopsi kayu dalam hunian memang merupakan sebuah keputusan yang sangat cemerlang. Kayu merupakan salah satu material favorit sejak dulu. Kehadiranya kini mampu mengisi ruangan anda hingga terlihat lebih elegan dan terasa lebih sejuk. Back to nature, itulah tema yang bisa anda dapatkan jika mengaplikasikan nuansa kayu dalam rumah anda. Bahkan Sejak dahulu kala, kayu sudah digunakan sebagai bahan baku dalam pembangunan rumah. Selain cara memperolehnya yang lebih mudah, pembangunan konstruksi rumah dari kayu juga terbilang sederhana. Sampai sekarang, pamor kayu ini masih mampu memikat hati para penggemarnya.

Pemakaian kayu senantiasa memberikan kesan yang eksotik pada bagunan modern masa kini, sehingga mampu menciptakan suasana yang lebih santai dan nyaman. Memiliki rumah kayu di tahun 2015 ini menjadi kebanggaan tersendiri apalagi memiliki rumah kayu dengan desain unik. Rumah unik akan memberikan rasa nyaman dan betah bagi pemiliknya untuk tinggal di rumah.

Memilih nuansa kayu dalam rumah mampu menghadirkan suasana nyaman dan romantis dengan kesan natural. Rumah kayu yang kembali tren pada saat ini bisa dihadirkan di berbagai lokasi, yaitu di pegunungan untuk lebih menyatu dengan suasana alam tropis, di pesisir pantai untuk mendapatkan view perairan luas yang indah atau di pinggiran sawah tergantung dimana sang pemilik akan menentukan lokasi pembangunan hunian tersebut.

Rumah dengan menggunakan material kayu dan bambu bisa dibongkar pasang sesuai selera anda, selain awet juga tahan gempa. Kelebihan rumah kayu, yang antara lain bisa dipindah-pindah lantaran pembuatannya menggunakan sistem bongkar pasang (knock down) juga merupakan salah satu hal yang menarik perhatian bagi para peminat rumah kayu ini.

Rumah kayu menjadi salah satu alternatif gaya arsitektur rumah tinggal yang banyak diminati pada saat ini. Beberapa kelebihan memilih nuansa kayu di dalam hunian anda antara lain:

1. Ketahanan kayu sudah dibuktikan oleh rumah-rumah peninggalan nenek moyang kita, di mana rumah tersebut mampu berdiri kokoh dari satu generasi ke generasi berikutnya. Begitupun jika terjadi kerusakan, maka perbaikan dan penggantian kayu bisa dikerjakan dengan mudah.

2. Faktor yang paling mempengaruhi seseorang menggunakan kayu sebagai bahan utama rumah adalah harga. Harga suatu kayu relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga material yang dibutuhkan untuk membangun rumah tembok. Selain itu, penggunaan bahan kayu juga akan menekan biaya saat ingin merenovasi rumah.

3. Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa didaur ulang. Kayu yang sudah rusak dapat dijadikan aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Berbeda dengan reruntuhan tembok yang hanya bisa dimanfaatkan kembali untuk menguruk tanah.

4. Kayu bisa dibentuk menjadi rumah dengan desain apapun, baik itu tradisional maupun modern. Hal ini karena kelebihan kayu yang bisa dibuat menyesuaikan konsep sekitarnya. Tidak hanya itu, kayu juga dapat digunakan untuk membuat lantai, dinding, furnitur, dan bagian rumah lainnya.

5. Sifat kayu yang elastis membuat rumah dengan bahan ini mampu bertahan lebih lama jika terjadi gempa. Pun ketika kayu-kayu ini berjatuhan, maka efeknya tidak separah saat kita tertimpa dinding tembok.

6. Rumah kayu memiliki berbagai kelebihan. Bahan kayunya mampu bertindak sebagai penahan panas, sehingga sangat sesuai dibangun di daerah tropis. Ketebalan kayu yang lebih tipis dibandingkan dengan tembok, membuat suhu ruangan terasa lebih sejuk. Hal ini tentu akan mengurangi pemakaian kipas angin dan AC.

7. Rumah dengan bahan ini juga memiliki kesan yang menyatu dengan alam. Desain rumah kayu yang memiliki nilai artistik tinggi akan melambungkan harga jual kembali sehingga bisa digunakan sebagai sarana investasi.

8. Karena prosesnya yang terbilang sederhana, pembangunan rumah berbahan kayu akan memakan waktu yang lebih cepat. Berbeda dengan pendirian rumah full tembok yang harus melalui serangkaian proses pengerjaan dari pondasi, pengayakan pasir, pembuatan adonan semen, penyusunan batu bata, pengacian, pengecoran, dan seterusnya.

9. Rumah kayu yang didirikan dan dikombinasi dengan dinding batu bata ekspos membuatnya tampil beda. Apalagi jika bentuk bangunannya dibuat unik sehingga mampu menambah daya tarik rumah tersebut.

10. Tren green house yang berkembang saat ini kembali mengangkat nilai kayu. Kayu bisa menjadi suatu material bangunan yang bernilai mahal jika diolah dengan benar. Apabila rumah kayu dan rumah beton dibangun dengan anggaran biaya yang sama, maka harga jual rumah kayu akan lebih tinggi. Kenapa? Karena bahan material yang digunakan untuk rumah kayu bisa dipilih yang terbaik dan fasilitas yang menyertainya pun lebih komplit.


Sumber: arafuru.com (telah diolah)